Band Slayer Mendorong Saya Untuk Mempelajari Tentang Jihad

|


Band beraliran Metal yang bernamakan "Slayer". Siapa sih anak metal yang gak tau tentang band ini ? kayanya belum bisa dibilang anak metal kalau belum pernah dengan lagu-lagu dengan nada distorsi dari band ini. Dulu sewaktu saya masih duduk dikelas 3 SMP, saya sangat menyukai lagu-lagu dari Band ini, hingga pada saat saya SMA, saya mendengar lagu dari band Slayer yang berjudul "Jihad". Waktu pertama saya denger lagu yang berjudul Jihad itu, dengan spontan tanpa uhuy saya langsung berkata : "Wow... Gokil nih lagu, berani total bikin lagu kaya gini, kalau gua bikin lagu kaya gini. Gua pasti bakal jadi korban amukan massa FPI atau yang lainnya". Yah gimana tidak jadi korban amukan massa, wong dilagu itu, bisa dibilang lirik-liriknya ekstrim total, wong dilirik lagu itu ada kata-kata seperti "Fuck your God erase his name, a lady weeps insane with sorrow. I'll take his towers from the world. You're fucking raped upon your death bed".


Penasaran dengan apa yang tertulis di dalam lirik lagu Jihad tersebut, saya mencoba mencari tau secara pasti "Bener kagak sih jihad tuh kaya gitu". Akhirnya saya memutuskan untuk beberapa minggu mempelajari tentang jihad itu sendiri. Bertemu dengan teman saya, yang bisa saya katakan lumayanlah pengetahuan dia soal agama, abis kalau di sekolah, yang dia bahas sama temen-temennya yang bercelana cingkrang layaknya anak STM itu adalah tentang Agama mereka (Islam). Dari situ saya dengan dia melakukan dialog-dialog kecil yang saya tidak ingin langsung mengarah pada inti permasalahan, takutnya dia tersinggung.

Waktu itu kami tidak mempunyai banyak waktu untuk melakukan percakapan tentang jihad tersebut, yah tau sendirilah disekolah itu gimana. Beberapa hari melakukan perbincangan dengan dia, saya tidak menemukan kepuasan dari penjelasannya tentang permasalahan jihad. Yah, saya masih beranggapan karena konsep jihad itu sendiri, saya sempat memandang bahwa islam itu agama yang tidak mempunyai rasa kemanusiaan. Apalagi dengan aksi-aksi bom bunuh diri, lengkalah sudah.

Karena tidak puas dengan penjelasan yang diberikan oleh teman saya, saya memutuskan untuk mencari-cari dari Mbah Google. Tepat sekali saya mencari tahu tentang jihad di Mbah google, disana ada banyak penjelasan tentang jihad, walaupun saya juga harus pintar memilih, karena banyak juga penjelasan yang kurang pas. Disana ada penjelasan bahwa jihad bukanlah bentuk "menyerang" melainkan jihad itu sendiri adalah bentuk "pertahanan", tidak akan ada terjadi jihad jika tidak ada orang yang mengusik terlebih dahulu tentang agama islam, apalagi yang dibicarakannya itu adalah hal yang tidak benar dan mengarah ke sisi buruk. Jadi itu hal yang biasa, analoginya seperti ini "Jika saya dan anda berada di dalam satu ruangan, anda mencoba untuk membunuh saya, maka yang akan saya lakukan adalah bertahan, entah itu seperti apa caranya, saya harus dapat mempertahankan nyawa saya." Ini adalah hal yang manusia, dalam peperangan hanya ada dua pilihan, yaitu membunuh atau dibunuh ?

Jadi apakah anda masih berpandangan bahwa Islam itu adalah agama yang kejam dengan konsep Jihadnya ?

0 komentar:

Posting Komentar