Modernisasi Kristenisasi dan Islamisasi

|

Beberapa waktu yang lalu saat saya sedang singgah di Bandung dan berdiam diri di kostan Abang Kandung yang tidak pernah saya anggap. Waktu itu saya sedang menonton televisi.
Entah kenapa tiba-tiba Abang saya tersebut berkata  "Yang kaya gini yang benci dari islam". Sambil menunjuk ke arah monitor televisi yang saat itu saya sedang menonton acara berita kasus terorisme.

Saya sempat terdiam sesaat, lalu saya berkata "Kenapa emang ?".

"Tuh !!! Lu lihat terorisme yang lagi jihad berusaha ngebikin Indonesia jadi Negara Islam, tapi ngelarang kristenisasi di Indonesia. Lu inget gak stiker yang di rumah si Sunu yang tulisannya STOP KRISTENISASI ?" Jawabnya dengan nada sedikit emosi.

"Emang Kristenisasi teh apaan sih ?" tanyaku untuk mengetahui apa itu Kristenisasi yang ada didalam tempurung kepalanya.

"Kristenisasi itu membuat suatu daerah jadi terlihat seperti suasan Kristen, kaya Modernisasi yang ngebuat suatu daerah menjadi tampak modern". Tegasnya padaku

"Oh gua kira Kristenisasi itu mencoba untuk mengkristenkan seseorang yang sebelumnya beragama Islam, Budha, Hindu atau yang lainnya.

"Yah itukan menurut lu, tapi secara bahasa yah yang kaya gua bilang tadi"

"Terus kalau orangnya gak dibuat menjadi agama kristen gimana daerah tersebut mau tampak terlihat dengan suasana kristen ? bukannya harus ada proses memindahkan agama seseorang dulu ?"

"Yah bisa jadi gitu. Tapi kenapa dilarang sedangkan Islamisasi itu mereka lakukan. Lu liat ajah  Poso yang dulunya kebanyakan orang kristen sekarang jadi banyak orang islam disana, itu semua gara-gara kasus Poso yang waktu itu pernah heboh. Yang ada Mujahiddin yang ngebunuh orang-orang kristen disana".

"Sebenarnya gak melarang kok, malah ada ayatnya di Al Quran yang menantang orang-orang yang merasa dirinya benar, tunjukanlah bukti kebenaranmu jika kamu memang orang yang benar. Jadi itu udah langsung ditantang suruh nunjukin buktinya, cuman yang gak gua setuju kalau ada kristenisasi itu bukan menunjukan bukti kebenarannya tapi malah mengiming-imingi dengan uang, wanita atau apalah.
Kurang tau deh benar atau gak apa yang lu bilang itu. Ada kemungkinan benar dan ada kemungkinan juga salah. Waktu itu gua pernah ngobrol sama orang temen gua orang makasar yang mualaf kaya gua. Kata dia, mesjid disana udah kaya pasar, orang-orang jualan daging babi disana. Bisa jadi terus orang islam disana memperingatkan terus ada kontak fisik yang bisa ajah itu terjadi karena Kristen lebih dulu atau sebaliknya. Lalu datanglah bantuan dari luar daerah, kaya yang lu liat bantuan yang datang ke Palestina. Soalnya Jihad itu bukan tindakan menyerang tapi lebih ke bertahan".

"Yah tetap ajah gua gak suka seseorang atau kelompok menggunakan kekerasan untuk sesuatu"
Kembali saya terdiam sejenak sambil berfikir apa yang harus yang lakukan. Saya berdiri menghampiri pintu dan langsung menutupnya, setelah itu saya langsung menghampir abang saya dan langsung mencekiknya.

"Lepasin anjing !!!" kata Abangku

Tapi saya tetap mencekiknya bahkan cengkramanku saat itu semakin kuat dan dia langsung memukul wajahku beberapa kali sambil berkata.

"Kenapa ? Lu marah gua ngomongin fakta dari Agama lu ?"
Saat itu saya langsung tertawa dan berkata.

"Baru gua cekek dikit ajah, lu udah langsung nampol muka gua, yah begitu juga dengan orang-orang yang berjihad. Saat ada serangan mereka bertahan diri dan saat musuh mencoba membunuh yang mau gak mau mereka harus membunuh untuk mempertahankan nyawa mereka saat itu. Hal seperti itu udah Naluri dari manusia bukan ?"
Saat itu dia terdiam dan tidak lagi membicarakan Modernisasi, Kristenisasi dan Islamisasi.

0 komentar:

Posting Komentar